eprintid: 61730 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/06/17/30 datestamp: 2018-12-11 06:14:34 lastmod: 2019-10-01 11:31:47 status_changed: 2018-12-10 01:24:58 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Rizki, Sinta Resmi title: LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING MAN 2 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktik Lapangan Terbimbi n g abstract: Magang III terintegrasi dengan Matakuliah PLT merupakan salah satu wujud Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Kegiatan PLT ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau layanan di lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sek aligus membuka kesempatan mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Selain itu untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdispiliner ke dalam pembelajaran di sekolah atau lembaga dan juga memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi dalam bidangnya , peningkatan keterampilan, kemandirian, tangggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Dalam pelaksanaan PLT di MAN 2 Yogyakarta , praktikan mendapat tugas mengampu mata pelajaran Bahasa Jerman untuk kelas XI Lintas Minat. Di kelas XI Lintas Mina t mengajar setiap hari Rabu dan Sabtu. Setiap pertemuan mendapatkan 2 jam pelajaran (2 x 45 menit) sehingga jumlah total jam mengajar adalah 4 jam pelajaran (4 x 45 menit) per minggu. Hal - hal yang perlu diperhatikan dan disusun sebelum praktik mengajar dik elas adalah dokumen - dokumen penunjang proses pembelajaran yang meliputi; (1) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), RPP bermanfaat untuk kerapihan dan ketertiban proses pembelajaran, sehingga pembelajaran di kelas sesuai dengan target yang direncanakan, ( 2) Materi Pembelajaran, hal ini perlu dipersiapkan sebelum pembelajaran karena tanpa adanya materi pembelajan RPP tidak memiliki konten. (3) Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan Sel ain praktek mengajar, mahasiswa juga menangani kegiatan - kegiatan di luar pembejaran. Sehingga pelaksanaan Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) mahasiswa mendapatkan berbagai ilmu dan pengalaman yang bermanfaat untuk menggali potensi serta jiwa pendidik. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PLT publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Rizki, Sinta Resmi (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING MAN 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/61730/1/14203241034_RIZKI%20SINTA%20RESMI_LAPORAN%20INDIVIDU_PBJERMAN.pdf