TY - RPRT UR - http://eprints.uny.ac.id/61729/ ID - UNY61729 A1 - Agathya Amas, Rosmauli Sitompul TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2017 KW - Praktek Lapangan Terbimbing KW - PLT UNY 2017 KW - PLT MAN 2 Yogyakarta. PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Praktik Lapangan Terbimbing adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa dengan program studi pendidikan di UNY sebagai bentuk penerapan langsung pada praktik kegiatan belajar mengajar di lapangan. Mata kuliah ini memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa pendidikan agar mendapatkan kesempatan dalam mengembangkan kemampuan dalam proses mengajar dan pada akhirnya dapat ikut berpartisipasi dalam mengembangkan dunia pendidikan di masyarakat. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) telah dilaksanakan di MAN 2 Yogyakarta dimulai pada tanggal 15 September 2017 hingga tanggal 15 November 2017. Pada praktik mengajar, mahasiswa diberikan tanggung jawab untuk melaksanakan proses pembelajaran di kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan XI IBB. Sebelum kegiatan PLT dilaksanakan, mahasiswa telah melewati kegiatan praPLT yang meliputi pembekalan PLT oleh jurusan dan mata kuliah micro teaching yang bertujuan untuk memberikan pelatihan awal dan persiapan praktik mengajar yang sebenarnya di sekolah, serta melakukan observasi kelas dan sekolah agar mengetahui proses pembelajaran yang berlangsung di MAN 2 Yogyakarta. Kegiatan observasi membantu mahasiswa untuk merumuskan program kerja PLT yang akan dilaksanakan. Program kerja PLT yang telah dirumuskan antara lain, pembuatan perangkat pembelajaran (perhitungan minggu efektif, program semester, program tahunan, silabus, RPP), pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Rangkaian program kerja PLT MAN 2 Yogyakarta telah dilaksanakan dengan lancar terlepas dari beberapa hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya yang dapat diatasi dengan berkonsultasi baik dengan guru pamong, dosen pembimbing, dan mahasiswa PLT lain. Tantangan yang dihadapi di dalam kelas juga telah dihadapi oleh mahasiswa, antara lain menyesuaikan metode mengajar dengan karakter belajar peserta didik dan kondisi kelas. Y1 - 2017/// AV - public M1 - project_report ER -