TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/61707/ M1 - skripsi N2 - Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunarungu kelas dasar V.B di SLB B Karnnamanohara Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Pemberian tindakan dilakukan selama 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa tunarungu, yang sudah mampu membaca tetapi belum dapat memahami isi teks bacaan. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik test kemampuan membaca pemahaman dan teknik observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode Know-Want To Know-Learn (KWL) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas dasar V.B di SLB B Karnnamanohara Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar membaca pemahaman ke 4 subjek yaitu dari 57,5 pada saat pra tindakan,meningkat sebanyak 41,7% menjadi 81,5 pada pasca tindakan tindakan siklusi I, dan terus mengalami peningkatan sebanyak 47,8% pada saat pasca tindakan tindakan siklus II sehingga menjadi 85. Hasil peningkatan kemampuan membaca pemahaman setelah dilakukan selama 2 siklus ini, ditunjukan dengan kemampuan subjek untuk menyebutkan kata ganti dan lawan kata, mampu menjawab pertanyaan tentang apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana, serta mampu menceritakan kembali isi teks bacaan dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Kesimpulan akhir adalah penggunaan metode Know-Want To Know-Learn (KWL) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas dasar V.B di SLB B Karnnamanohara Yogyakarta. AV - restricted A1 - Rohmawati, Sholeha PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - PENGGUNAAN METODE KNOW-WANT TO KNOW-LEARN (KWL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR V.B DI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA Y1 - 2017/08/10/ ID - UNY61707 ER -