@techreport{UNY61686, year = {2017}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA}, author = {Cahayati Nevi Cindia}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PLT}, keywords = {PLT SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA, PLT UNY 2017, UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/61686/}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikan ilmu teoretis yang sudah diperoleh dari bangku perkuliahan. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi program studi kependidikan dan sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan hasil pembelajaran yang telah diperoleh selama mengikuti belajar di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PLT dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi yang harus dimiliki bagi seorang pendidik yaitu Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Kepribadian. Program PLT ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Hayam Wuruk No. 18 Kelurahan Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dan mendukung dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PLT yang dilakukan antara lain observasi, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta mempersiapkan materi serta media pembelajaran. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak minimal 8 kali dengan alokasi masing-masing 80 menit setiap pertemuan (2 x 40 menit). Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata terkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi.} }