eprintid: 61681 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/06/16/81 datestamp: 2018-12-11 06:14:34 lastmod: 2019-10-01 11:32:03 status_changed: 2018-12-10 00:29:18 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Sugeng, Triyono title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, SMP Negeri 4 Yogyakarta, Mengajar abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PLT) merupakan kegiatan yang digunakan sebagai media pengaplikasian hasil belajar mahasiswa selama di bangku kuliah. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan micro teaching serta dipergunakan untuk mencari ilmu yang bersifat konkret. Kegiatan PLT dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat mengambil pembelajarannya sebagai sarana pengembangan kemampuan. Kegiatan PLT ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan melakukan praktik langsung ke sekolah-sekolah sebagai pendidik. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 4 Yogyakarta, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 September 2017 hingga tanggal 15 November 2017. Pengajaran di kelas diharapkan mampu memenuhi syarat 4 kali mengajar terbimbing dan 4 kali mengajar mandiri, atau dapat melaksanakan 8 kali mengajar. Pada pelaksanaannya penyusun yang berasal dari Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan mendapat jatah mengajar kelas VIII C dan VIII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain diskusi kelompok, observasi, dan tanya jawab. Media yang digunakan berupa audio video, powerpoint, dan media nonelektonik (LK, kertas manila, stiky note). Secara umum semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik, namun terdapat beberapa kendala seperti sulitnya mengatur siswa yang terlalu aktif sendiri dan kurang memperhatikan pelajaran. Hal tersebut dapat diatasi dengan memberikan nasihat dan perhatian lebih kepada siswa. Terselesaikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat menciptakan tenaga pendidik yang professional dan berkualitas yang mampu menjadikan dunia pendidikan lebih baik. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PLT publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Sugeng, Triyono (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/61681/1/12.Sugeng%20Triyono_PKnH_14401244007.pdf