TY - GEN UR - http://eprints.uny.ac.id/6167/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Gambaran persepsi diri dan kecemasan sosial anak tunanetra; 2) Peninqkatan persepsi diri dan penqurangan kecemasan sosial anak tunanetra; 3) Proses pelaksanaan pelatihan pengenalan diri pada anak tunanetra. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa SLB Baqian A Yaketunis Yogyakarta. Hereka sedang duduk di kelas D2 dan D3 yang berjumlah 5 orang. Subjek penelitian terqolonq anak tunanetra dengan klasifikasi "low vision" yanq berumur antara 8 tahun sampai 14 tahun. Desain penelitian yanq diqunakan adalah desain pene1itian tindakan denqan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan denqan menqqunakan wawancara dan observasi dan analisis datanya menqqunakan deskriptif kualitatif. Hasil pene1itian ini menunjukkan bahwa 1) Persepsi diri anak tunanetra tergo1onq rendah dan kecemasan 50sialnya re1atif tinqqi; 2) Pe1atihan penqenalan diri dapat meninqkatkan persepsi diri dan menquranqi kecemasan sosial; 3) Proses pe1aksanaan pe1atihan penqena1an diri pada anak tunanetra diawa1i denqan perkenalan antar subjek, kemudian di1anjutkan dengan ceramah tentanq penqena1an diri, latihan mengena1 dirinya dan mendenqarkan ceritera. Metode menqqunakan ceramah. pelaksanaan pe1atihan pengena1an diri denqan metode berbicara bebas, respon balik dan AV - public TI - UPAYA PENINGKATAN PERSEPSI DIRI DAN PENGURANGAN KECEMASAN SOSIAL ANAK TUNANETRA MELALUI PELATIHAN PENGENALAN DIRI A1 - Tin, Suharmini A1 - N. Praptiningrum, . A1 - Purwandari, . Y1 - 2000/// ID - UNY6167 ER -