@phdthesis{UNY61667, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2018}, month = {December}, author = {Yuniarti Mira Hapsari}, title = {IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 2 BINORONG, BAWANG, BANJARNEGARA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/61667/}, abstract = {Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter disiplin siswa kelas tinggi di SD Negeri 2 Binorong, Bawang, Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan penelitian deskriptif kuantitatif. Penentuan subjek penelitian secara purposive. Subjek penelitian yaitu siswa kelas tinggi, guru kelas tinggi, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian diri siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif menggunakan model Milies \& Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan angket penilaian diri. Teknik analisis data menggunakan teknik presentase untuk mengukur kedisiplinan siswa. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan karakter yang ditanamkan pada siswa dilakukan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Proses penanaman ditempuh melalui pengawasan, arahan, pembiasaan, keteladanan, pemberian sanksi, dan penghargaan. Nilai yang ditanamkan dari proses yang dilakukan diantaranya disiplin kehadiran, disiplin berpakaian, disiplin mengikuti upacara bendera, disiplin melaksanakan literasi, disiplin menjalankan ibadah (tadarus, shalat dzuhur berjamaah, dan infaq mingguan), disiplin menjaga kebersihan, disiplin melaksanakan senam, dan disiplin mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penanaman pendidikan karakter disiplin yang dilakukan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Faktor pendukung implementasi adalah kurikulum, keterlibatan guru, serta sarana dan prasarana yang tersedia. Sementara faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian dan pengawasan orang tua siswa di rumah serta karakteristik siswa yang berbeda-beda. Hasil kuantitatif menunjukkan 57,8\% siswa kelas IV dan V SD Negeri 2 Binorong terbiasa menerapkan disiplin kehadiran, 100\% terbiasa disiplin menaati larangan, 40\% terbiasa disiplin berpakaian, dan 100\% terbiasa disiplin menjalankan ibadah. Kata kunci: implementasi, karakter disiplin, implementasi pendidikan karakter disiplin} }