@phdthesis{UNY6162,
            year = {2012},
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
           title = {PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SEKOLAH
MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI
se-KABUPATEN SLEMAN
},
          author = {Nurul  Fatmalia Susanti},
           month = {September},
        abstract = {ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan di
SMA N se-Kabupaten Sleman. Adapun aspek yang diteliti yaitu : (1) pengadaan
koleksi pustaka; dan (2) pengelolaan koleksi pustaka.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian ini
yaitu kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Sumber data dalam
penelitian ini adalah pengelola perpustakaan sekolah di SMA se-Kabupaten
Sleman, yang berjumlah 17 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi angket ( kuesioner) dan dokumentasi.
Teknik analisis data yaitu dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengadaan koleksi pustaka di
SMA N se- Kabupaten Sleman tergolong cukup baik (77,21\%) karena dalam
proses pengadaan bahan pustaka tidak hanya petugas perpustakaan saja yang
terlibat tetapi siswa dan guru juga ikut berperan dalam menentukan jenis koleksi
yang diadakan, selain itu dalam pengadaan sebagian besar sekolah prosesnya
melalui pembelian, hibah, tukar menukar, swadaya, titipan, dan sumbangan. (2)
pengelolaan koleksi pustaka di SMA N se-Kabupaten Sleman tergolong baik
(98,32\%), yang meliputi perlengkapan dalam proses inventarisasi sudah ada dan
dalam proses dilakukan secara berurutan tetapi masih ada koleksi yang belum
dilakukan proses inventarisasi yaitu koleksi bukan buku seperti vcd pembelajaran,
proses klasifikasi koleksi perpustakaan di SMA N se-Kabupaten Sleman
dilakukan secara konsisten dengan menggunakan sistem DDC (dewey decimal
classification), dalam proses katalogisasi masih ada sekolah yang belum lengkap
membuat macam kartu katalog disebabkan masih kurangnya pengetahuan petugas
perpustakaan tentang macam kartu katalog, penyelesaian koleksi baik karena
sesuai dengan ketentuan yang ada yaitu kegiatan pemeberian label sampai
pemberian sampul pada buku sehingga koleksi siap untuk dimanfaatkan dan
penyusunan koleksi pustaka tersusun secara rapi dalam rak-rak yang ada di ruang
perpustakaan dan dalam penyusunannya dipisahkan berdasarkan jenis koleksi
sehingga mudah dilihat dan memudahkan pengguna perpustakaan dalam mencari
koleksi.
Kata kunci : pengelolaan, perpustakaan, perpustakaan sekolah
},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/6162/}
}