%T Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence %D 2018 %I UNY %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan informasi tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan model manajemen pembelajaran berbasis multiple intelligence, (2) menghasilkan model manajemen pembelajaran berbasis multiple intelligence, dan (3) menghasilkan informasi tentang keefektifan model. Penelitian ini terdiri tiga tahapan: (1) studi pendahuluan meliputi studi literatur, studi lapangan, pengisian angket dan analisis kebutuhan melalui focus group discussion; (2) pengembangan model meliputi perumusan model, validasi draf model oleh praktisi & tim ahli, dan revisi model; 3) uji coba terbatas, uji coba kelompok kecil, uji coba diperluas, dan revisi model final. Tempat penelitian di Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Tengah, subjek penelitian terdiri dari 5 sekolah dasar di Yogyakarta, Jakarta, Jawa Tengah. Uji coba model pada 13 di sekolah dasar di Yogyakarta, Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru-guru sekolah dasar berbasis multiple intelligence. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa model manajemen pembelajaran berbasis multiple intelligence yang meliputi: (a) materi pembelajaran disesuaikan dengan jenis kecerdasan peserta didik; (b) pengelompokan rombongan belajar berdasarkan jenis kecerdasan dan tingkat kelas peserta didik; (c) pendekatan pembelajaran tematik dengan tema-tema multiple intelligence; (d) penggunaan strategi mengajar active learning berbasis multiple intelligence; (e) penilaian pembelajaran pada proses dan hasil; (f) penyelenggaraan outing class; (g) kerja sama dengan orang tua dan stakeholder; dan (h) kepala sekolah yang karismatik, banyak ide, mampu menerapkan fungsi manajemen untuk pembelajaran berbasis multiple intelligence. Hasil uji coba isi model mencapai skor 4,55 (91,58%) dengan kategori sangat baik, dan hasil uji keterterapan model mencapai skor 4,61 (92,20%) dengan ketegori sangat baik. Kata kunci: manajemen pembelajaran, berbasis multiple intelligence %A Rahmat Mulyono %L UNY61572