TY - THES N2 - Tujuan dari pembuatan Proyek Akhir ini adalah merancang media pembelajaran electric power steering. Membuat media pembelajaran electric power steering. Menghasilkan media pembelajaran sistem kemudi sebagai pendukung proses belajar mengajar praktikum dan untuk mempermudah pemahaman pratikan terhadap electric power steering. Proses pembuatan rangka media dimulai dengan merancang desain rangka, rancangan kebutuhan alat dan bahan, rancangan anggaran biaya, rancangan jadwal rencana pembuatan media, dan rancangan rencana pemotongan bahan. Secara teknis pembuatan rangka meliputi proses pemotongan bahan, penghalusan, pengelasan, pengeboran, pendempulan, pengampelasan, epoxy, pengecatan dan finishing. Rangka media yang dibuat harus dapat memenuhi persyaratan media pembelajaran tersebut mudah dalam pemindahan, ergonomi dan menjamin kesehatan dan keselamatan kerja pada saat praktikum. Proses pengujian fungsional media pembelajaran dengan cara mengamati secara visual pada rangka dan sambungn pengelasan dan mengukur pembebanan belok kemudi. Pengujian kelayakan media pembelajaran dengan menggunakan angket uji kelayakan untuk diisi oleh dosen dan mahasiswa. Berdasarkan pengamatan visual pada rangka dan sambungan las setelah diberikan beban dan tidak mengalami perubahan fisik seperti rusak, retak, ataupun bengkok. Hasil pengujian fungsional selanjutnya dengan cara uji pembebanan dan beban belok yang hasilnya membuktikan bahwa media pembelajaran electric power steering dapat befungsi dengan baik. Hasil pengujian pembebanan ketika sistem electric power steering aktif yaitu saat kecepatan 0 km/jam dengan pembebanan roda 400 kg diperoleh beban belok 1,5 kg kemudian pada kecepatan 80 km/jam dengan pembebanan roda 400 kg diperoleh beban belok 3,5 kg. Hasil tersebut membuktikan saat kecepatan 0 km/jam roda kemudi akan terasa ringan dan pada kecepatan 80 km/jam roda kemudi akan terasa berat karena sistem electric power steering berfungsi sebagai keamanan. Hasil pengujian kelayakan diperoleh hasil tanggapan responden 87,5 % penilaian dosen dan 79,4 % penilaian mahasiswa berdasarkan tinjauan dari aspek media pembelajaran, aspek ergonomi dan aspek K3. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak digunakan dari segi kemudahan dalam perawatan sistem, kemudahan penggunaan media, dan keamanan dalam penggunaan media pembelajaran electric power steering. Y1 - 2016/// PB - Fakultas Teknik A1 - Okiyanto, Toni KW - Media Pembelajaran KW - Electric Power Steering AV - public TI - PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRIC POWER STEERING TINJAUAN RANGKA DAN PEMBEBANAN RODA M1 - d3ta ID - UNY61550 UR - http://eprints.uny.ac.id/61550/ ER -