TY - THES ID - UNY61507 M1 - tesis TI - Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Pada Mata Kuliah Microteaching Tahun Ajaran 2017/2018 AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/61507/ Y1 - 2018/10/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa pendidikan biologi pada mata kuliah microteaching. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan biologi semester 6 tahun ajaran 2017/2018 yang seluruh anggota populasinya dijadikan sampel dengan jumlah 120 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang berupa soal tes tertulis dan instrumen non tes berupa lembar observasi dokumen rencana pembelajaran dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan TPACK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan TPACK mahasiswa pendidikan biologi masuk pada kriteria kurang berdasarkan hasil observasi dokumen rencana pembelajaran dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran serta memiliki kemampuan TPACK yang cukup ditinjau dari hasil tes tertulis mengenai pengetahuan TPACK. Kata Kunci: Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), mahasiswa pendidikan biologi, microteaching PB - UNY A1 - Oktamarsetyani, Wahyu ER -