%0 Thesis %9 S1 %A Mariyah, Ulfah %B Fakultas Ilmu Pendidikan UNY %D 2018 %F UNY:61485 %I PAUD %T PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN BINTANG BERALIH PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA DUKUH YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/61485/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui permainan bintang beralih di kelompok B TK ABA Dukuh Yogyakarta. Permainan bintang beralih dipilih karena dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal yaitu membuat anak bermain dengan teman sebaya, bekerjasama dengan teman sebaya, mengetahui dan merespon secara wajar perasaan temannya, dan menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2018 yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 12 anak kelompok B. Batas keberhasilan penelitian ini adalah 75% anak memiliki kecerdasan interpersonal berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Objek penelitian ini yaitu peningkatan kecerdasan interpersonal anak melalui permainan bintang beralih. Metode pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak meningkat melalui permainan bintang beralih, yang dilakukan dengan langkah-langkah 1) guru membuat gambar lapangan permainan bintang beralih, 2) guru menjelaskan cara bermain permainan bintang beralih, 3) anak membentuk kelompok, 4) anak diberi kesempatan untuk bermain permainan bintang beralih, 5) evaluasi dan pemberian hadiah. Peningkatan dapat dilihat dari anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik pada pra tindakan sebesar 33,33%, meningkat pada Siklus I menjadi 66,66% dan meningkat menjadi 83,33% pada Siklus II. Kata kunci: kecerdasan interpersonal, permainan bintang beralih.