%0 Thesis %9 S2 %A Putri, Jamiatul Khairunnisa %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:61477 %I UNY %K pembelajaran fisika, penugasan inkuiri, mobile learning, android, kemampuan pemecahan masalah, dan literasi sains. %T Pengembangan Aplikasi Penugasan Inkuiri Berbantuan Android Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Literasi Sains Peserta Didik Kelas X SMA N 6 Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/61477/ %X Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan aplikasi penugasan inkuiri berbasis android yang layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika kelas X SMA IPA; dan (2) mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi penugasan inkuiri berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains peserta didik kelas X SMA IPA. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan pengembangan media pembelajaran menggunakan desain ADDIE (Analyze, Design, Develop, Impelementation dan Evaluation). Desain penelitian yang digunakan pada tahap implementation yaitu one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan dilima SMA N yang ada di Yogyakarta. Aplikasi penugasan inkuiri ditelaah oleh ahli media dan ahli materi. Instrumen kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains ditelaah oleh ahli instrumen. Subyek penelitian terbagi menjadi subyek uji coba keterbacaan oleh 25 responden, dan subjek pengukuran oleh 67 responden yang terbagi ke dalam kelas perlakuan satu, dua, dan tiga. Data diperoleh menggunakan lembar telaah aplikasi penugasan inkuiri, angket keterbacaan aplikasi penugasan inkuiri, serta instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains. Teknik analisis data yang digunakan untuk menentukan kelayakan aplikasi inkuiri menggunakan persamaan standar baku ideal (sbi). Sedangkan teknik analisis data untuk menentukana keefektifan aplikasi penugasan inkuiri menggunakan General Linier Model. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa aplikasi penugasan inkuiri layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains peserta didik.