@phdthesis{UNY61474,
            year = {2018},
           month = {November},
           title = {MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG (1-10) MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA KELOMPOK A DI TK BHAKTI MANUNGGAL, KRATON, YOGYAKARTA},
          school = {PAUD},
          author = {Septiana Nurlaila Rahmawati},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/61474/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang (1-10) menggunakan media kartu bilangan pada anak kelompok A di TK Bhakti Manunggal, Kraton, Yogyakarta. Indikator yang digunakan dalam penilitian ini adalah menyebutkan bilangan (1-10), mengenal lambang bilangan (1-10), mengenal kosep bilangan (1-10).
	Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (Collaboration action research classroom) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah semua anak TK kelompok A berjumlah 13 anak yang terdiri dari 5 siswa laki- laki dan 8 siswa perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan membilang (1-10) menggunakan media kartu bilangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif
	Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membilang (1-10) pada kelompok A di TK Bhakti Manunggal. Hasil tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya hasil rata- rata kemampuan membilang (1-10) kelompok A yang pada sebelum tindakan menunjukkan nilai 52, 56\% meningkat menjadi 76, 18 \% pada siklus 1 kemudian meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 86, 11 \%.  Peningkatan terjadi pula pada setiap indikator. Pada indikator menyebutkan bilangan (1-10) sebelum tindakan menunjukkan rata-rata 59, 61 \% kemudian meningkat menjadi 80, 91 \% pada siklus 1 dan menigkat kembali menjadi 92, 29 \% pada siklus 2. Indikator mengenal lambang bilangan (1-10) sebelum tindakan menunjukkan rata- rata 50 \% meningkat menjadi 73, 03 \% pada siklus 1 dan meningkat kembali menjadi 80, 13 \% pada siklus 2. Indikator mengenal konsep bilangan sebelum tindakan menunjukkan rata- rata 48, 07 \% meningkat menjdai 74, 643 \% pada siklus 1 dan meningkat kembali menjadi 85, 57 \% pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan membilang (1-10) pada anak kelompok A.

Kata kunci : Kemampuan membilang, kartu bilangan}
}