@phdthesis{UNY61402, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, title = {MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN JEBENGSARI SALAMAN MAGELANG}, month = {November}, author = {Wakhidatun Solikhah}, year = {2018}, url = {http://eprints.uny.ac.id/61402/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Jebengsari Salaman Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model spiral menurut Kemmis \& Mc. Taggart. Peneliti bekerjasama dengan guru kelas IV SDN Jebengsari Salaman Magelang sebagai pelaksana tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jebengsari yang berjumlah 9 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan secara deskripstif kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SDN Jebengsari Salaman Magelang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 81,5\% dengan kategori ?baik? dapat meningkat mmenjadi ?92,5\% dengan kategori ?baik sekali? pada siklus II. Rata?rata persentase aktivitas guru juga menunjukkan peningkatan dari 80\% dengan kategori ?baik? pada siklus I menjadi 95\% pada siklus II. Didukung dengan hasil tes akhir siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 100\%. Metode eksperimen dapat diterapkan secara efektif untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan melakukan langkah-langkah eksperimen, yaitu: 1) menjelaskan tujuan eksperimen; 2) melibatkan siswa secara aktif mengidentifikasikan alat dan bahan yang akan digunakan selama eksperimen; 3) melakukan variasi intonasi suara ketika menjelaskan langkah-langkah eksperimen; 4) memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan petunjuk langkah eksperimen yang jelas; 5) memberikan bimbingan ke setiap siswa dalam kelompok kecil; 6) memberikan saran yang menunjang keterlaksanaan eksperimen; 7) memberikan apresiasi dan motivasi ketika siswa melaporankan hasil eksperimen; 8) mendiskusikan hambatan yang dialami siswa selama eksperimen; dan 9) melakukan verbalisasi ketika siswa mengerjakan soal evaluasi. Kata kunci : metode eksperimen, aktivitas siswa} }