<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU\r\nALAM NURUL ISLAM SLEMAN YOGYAKARTA"^^ . "ABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model pengelolaan kelas\r\nsekolah alam di SDIT Alam Nurul Islam Sleman Yogyakarta, (2) hambatan yang\r\ndialami guru dan upaya untuk mengatasinya.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penyajian secara\r\ndeskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pendamping dan guru\r\nkelas I, wali kelas VI, dan kepala sekolah. Data diperoleh dengan wawancara,\r\nobservasi dan studi pencermatan dokumen. Teknik analisis menggunakan\r\ndeskriptif kualitatif, sedangkan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi\r\nsumber dan metode.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua model pengelolaan\r\nkelas sebagai berikut. (1) a. Model pengelolaan kelas I dengan desain ruang kelas\r\nterbuka. Pengaturan posisi atau tempat duduk siswa dengan duduk “lesehan”\r\nberderet dan melingkar. Pembelajaran dilakukan oleh guru secara berpasangan\r\nyaitu guru kelas dan guru pendamping. Guru menggunakan yel-yel “hay hay,\r\nhello” untuk memusatkan konsentrasi siswa dan mengkondisikan siswa agar\r\nsuasana pembelajaran dapat kondusif. Guru memberikan pendampingan kepada\r\nsiswa yang masih kurang mampu mengikuti pembelajaran dengan pendekatan\r\nindividu. Pengelolaan kelas seperti ini membuat pembelajaran lebih\r\nmenyenangkan, interaktif dan tujuan pembelajaran tercapai. (1) b. Model\r\npengelolaan kelas VI dengan desain ruang kelas tertutup. Pengaturan posisi duduk\r\nsiswa menggunakan format huruf U dengan memanfaatkan meja dan kursi.\r\nPengelolaan kelas VI dilakukan untuk memenuhi standar dalam mempersiapkan\r\npelaksanaan ujian nasional. Oleh karena itu, pengelolaan kelas VI sebagai bentuk\r\nadaptasi bagi siswa kelas VI dengan memanfaatkan meja kursi dan membuat\r\naktivitas serta ruang gerak siswa sempit. (2) a. Hambatan pengelolaan kelas I\r\nantara lain konsentrasi belajar siswa yang mudah pudar sehingga guru\r\nmenggunakan yel-yel untuk memusatkan konsentrasi siswa, tingkat kemandirian\r\ndan kedisiplinan siswa kelas I yang masih kurang sehingga guru berupaya untuk\r\nmenumbuhkan kemandirian siswa dengan selalu mengingatkan siswa,\r\nmemberikan sanksi yang positif. Masih adanya fasilitas pembelajaran yang belum\r\nada sehingga guru membuat atau memanfaatkan fasilitas yang sudah ada guna\r\nkelancaran pembelajaran. Hambatan lain yaitu kondisi lingkungan kelas ramai\r\noleh karena itu untuk kelas I kegiatan pembelajaran dilaksanakan serempak. (2) b.\r\nHambatan pengelolaan kelas VI yaitu kesadaran siswa melakukan piket masih\r\nkurang sehingga guru dan siswa membuat jadwal buku iqop untuk mengecek atau\r\nalat kontrol.\r\nKata kunci: pengelolaan kelas, sekolah dasar islam terpadu"^^ . "2012-09-17" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Etri"^^ . " Lestari"^^ . "Etri Lestari"^^ . . . . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU\r\nALAM NURUL ISLAM SLEMAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "Etri Lestari.pdf"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU\r\nALAM NURUL ISLAM SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU\r\nALAM NURUL ISLAM SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU\r\nALAM NURUL ISLAM SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU\r\nALAM NURUL ISLAM SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU\r\nALAM NURUL ISLAM SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #6140 \n\nPENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU \nALAM NURUL ISLAM SLEMAN YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .