@phdthesis{UNY61395, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2018}, month = {November}, title = {HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-ANAK DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, author = {Reni Astuti}, url = {http://eprints.uny.ac.id/61395/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan konsep diri pada siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 165 siswa. Sampel penelitian dihitung dengan menggunakan rumus Slovin dengan error sampling 5\% sehingga diperoleh 117 sampel. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala. Uji validitas skala dilakukan dengan penilaian ahli dan analisis item. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi Pearson Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan konsep diri. Nilai koefisien korelasi (r) 0,682 artinya terdapat hubungan yang positif antara komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan konsep diri.Setiap kenaikan komunikasi interpersonal orang tua-anak akan diikuti kenaikan konsep diri. Begitu pula sebaliknya, setiap penurunan komunikasi interpersonal orang tua-anak akan diikuti dengan penurunan konsep diri. Nilai r 0,682 termasuk ke dalam kategori tingkat hubungan yang kuat antara komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan konsep diri. Sementara itu, nilai signifikansi 0,000 ({\ensuremath{<}} 0,05) sehingga dapat dikatakan hasil penelitian signifikan. Artinya, hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi. Kata kunci: komunikasi interpersonal, konsep diri} }