eprintid: 61393 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/06/13/93 datestamp: 2018-11-26 04:08:00 lastmod: 2019-01-30 17:31:14 status_changed: 2018-11-26 04:08:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Agustian, Ricko title: PENERAPAN METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDONGKIWO, KECAMATAN MANTRIJERON, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 ispublished: pub subjects: ipa subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN Gedongkiwo melalui penerapan metode permainan dalam pembelajaran IPA. Minat belajar siswa dilihat dari (1) antusiasme, (2) rasa ingin tahu, (3) perhatian, (4) partisipasi aktif, (5) menghargai pendapat, dan (6) ketekunan. Penelitian dilaksanakan di SDN Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V berjumlah 24 siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan berkolaborasi dengan guru kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengambilan data yaitu pengamatan dan skala minat. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement. Teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas V SDN Gedongkiwo dalam pembelajaran IPA dapat meningkat melalui penerapan metode permainan. Pada siklus I, hasil pengamatan menunjukkan bahwa 87,50% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Hasil angket yaitu 100% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Pada siklus II, penerapan metode permainan disertai perbaikan tindakan berupa siswa dimotivasi untuk bertanya dengan menunjukkan media permainan, jenis permainan dimodifikasi menjadi permainan yang dilakukan di depan kelas serta berkompetisi dengan kelompok lain, dan penyampaian pendapat dilakukan melalui tindakan yang berkontribusi untuk menyelesaikan permainan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa 95,80% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Hasil angket yaitu 100% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Kata Kunci: minat belajar siswa, metode permainan date: 2018-11-26 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Agustian, Ricko (2018) PENERAPAN METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDONGKIWO, KECAMATAN MANTRIJERON, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/61393/1/Ricko%20Agustian.pdf