<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif CD TARA\r\n(Technology Arts Research Arrangement) Materi Lagu Mensahang Lah Mirah\r\nuntuk Memperkuat Musikalitas Dan Nilai Karakter Siswa SMA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk multimedia\r\npembelajaran interaktif CD TARA (Technology Arts Research Arrangement)\r\nmateri lagu Mensahang Lah Mirah yang layak digunakan untuk tingkat SMA, dan\r\n(2) mengetahui kelayakan dan efektivitas produk yang dikembangkan untuk\r\nmemperkuat musikalitas dan nilai karakter siswa SMA.\r\n Jenis penelitian ini adalah R & D dengan tahapan meliputi : (1) penelitian\r\ndan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4)\r\nuji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk operasional,\r\n(8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi dan\r\nimplementasi. Penilaian uji kelayakan produk dilakukan oleh satu orang ahli media\r\ndan satu orang ahli materi. Tempat penelitian adalah di SMAN 2 Pangkalpinang\r\ndengan melibatkan 35 siswa kelas kontrol dan 35 siswa kelas eksperimen. Data\r\ndalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan\r\ndokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif\r\ndeskriptif, kuantitatif uji manova.\r\n Hasil penelitian ini berupa produk multimedia pembelajaran interaktif CD\r\nTARA (Technology Arts Research Arrangement) materi lagu Mensahang Lah\r\nMirah. Produk yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli\r\nmedia dan ahli materi dengan skor masing masing 75% pada skala 3 dengan\r\ninterpretasi “layak”. Hasil uji manova menunjukkan ada perbedaan signifikan pada\r\nnilai musikalitas dan nilai toleransi antara kelas eksperimen dan kontrol, hal ini\r\ndibuktikan dengan nilai signifikansinya < 0,05. Sedangkan nilai gotong royong\r\nmenunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara eksperimen dan kontrol,\r\nhal ini dibuktikan dengan nilai signifikansinya > 0,05. Data tersebut menunjukan\r\nbahwa media yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan musikalitas dan\r\ntoleransi siswa, tetapi tidak efektif untuk meningkatkan sikap gotong royong siswa.\r\n\r\nKata kunci: multimedia, pembelajaran, interaktif, cd tara, aransemen, mensahang\r\nlah mirah."^^ . "2018-10-29" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Tara"^^ . "Dwipa"^^ . "Tara Dwipa"^^ . . . . . . "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif CD TARA\r\n(Technology Arts Research Arrangement) Materi Lagu Mensahang Lah Mirah\r\nuntuk Memperkuat Musikalitas Dan Nilai Karakter Siswa SMA (Text)"^^ . . . "TARA DWIPA_16724251027_PENDSENI.swf"^^ . . "HTML Summary of #61361 \n\nPengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif CD TARA \n(Technology Arts Research Arrangement) Materi Lagu Mensahang Lah Mirah \nuntuk Memperkuat Musikalitas Dan Nilai Karakter Siswa SMA\n\n" . "text/html" . . . "Seni Musik"@en . . . "Pasca Sarjana" . .