@phdthesis{UNY61361, title = {Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif CD TARA (Technology Arts Research Arrangement) Materi Lagu Mensahang Lah Mirah untuk Memperkuat Musikalitas Dan Nilai Karakter Siswa SMA}, author = {Tara Dwipa}, month = {October}, year = {2018}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/61361/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif CD TARA (Technology Arts Research Arrangement) materi lagu Mensahang Lah Mirah yang layak digunakan untuk tingkat SMA, dan (2) mengetahui kelayakan dan efektivitas produk yang dikembangkan untuk memperkuat musikalitas dan nilai karakter siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah R \& D dengan tahapan meliputi : (1) penelitian dan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk operasional, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi dan implementasi. Penilaian uji kelayakan produk dilakukan oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi. Tempat penelitian adalah di SMAN 2 Pangkalpinang dengan melibatkan 35 siswa kelas kontrol dan 35 siswa kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif deskriptif, kuantitatif uji manova. Hasil penelitian ini berupa produk multimedia pembelajaran interaktif CD TARA (Technology Arts Research Arrangement) materi lagu Mensahang Lah Mirah. Produk yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi dengan skor masing masing 75\% pada skala 3 dengan interpretasi ?layak?. Hasil uji manova menunjukkan ada perbedaan signifikan pada nilai musikalitas dan nilai toleransi antara kelas eksperimen dan kontrol, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansinya {\ensuremath{<}} 0,05. Sedangkan nilai gotong royong menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara eksperimen dan kontrol, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansinya {\ensuremath{>}} 0,05. Data tersebut menunjukan bahwa media yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan musikalitas dan toleransi siswa, tetapi tidak efektif untuk meningkatkan sikap gotong royong siswa. Kata kunci: multimedia, pembelajaran, interaktif, cd tara, aransemen, mensahang lah mirah.} }