@phdthesis{UNY61359,
          author = {Winda Lidia Lumbantobing},
           title = {Pengaruh Model Pembelajaran
ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) terhadap
Rasa Ingin Tahu dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD
di Kecamatan Minggir},
           month = {October},
            year = {2018},
          school = {UNY},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/61359/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh
model pembelajaran ARCS terhadap (1) rasa ingin tahu peserta didik,
(2) kemandirian belajar peserta didik, dan (3) rasa ingin tahu dan
kemandirian belajar peserta didik secara bersama-sama. 
Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Desain
yang digunakan adalah non equivalent (pretest and postest)
comparasion-group.Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas V
SD kecamatan Minggir. Dua kelas eksperimen digunakan masingmasing
kelas
V
SD
Balangan
1
dan
kelas
V
Kebunagung.
Kelas
V
SD

Balangan

2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan
angket untuk mengukur rasa ingin tahu dan kemandirian belajar
peserta didik. Uji validasi instrumen menggunakan 2 orang expert
judgement dan uji product moment. Uji realibilitas menggunakan
cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis
analisis data independent sample t-Test dan multivariate manova
dengan taraf signifikasi {\ensuremath{\alpha}} = 0.05. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan
rasa ingin tahu peserta didik yang mengikuti pembelajaran
menggunakan model pembelajaran ARCS dengan t
=5.732 dengan
Sig=0.000{\ensuremath{<}} 0.005, (2) terdapat perbedaan kemandirian belajar peserta
didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran
ARCS dengan nilai t
hitung
hitung
=3.922 dengan Sig.= 0.000 {\ensuremath{<}} 0.005, dan (3)
terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap rasa
ingin tahu dan kemandirian belajar peserta didik dengan nilai F
=
6.414.147 dengan Sig. = 0.000 {\ensuremath{<}} 0.005. Analisis lebih lanjut
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCSlebih
berpengaruh terhadap kemandirian belajar dengan rerata nilai
75.89.dibandingkan rasa ingin tahu dengan rerata nilai 64.23.

Kata Kunci: model pembelajaran ARCS, rasa ingin tahu, kemandirian
belajar}
}