%0 Thesis %9 S1 %A Fitriyani, Maulida %B PGSD %D 2018 %F UNY:61321 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGGUNAAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/61321/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran mind map pada siswa kelas V SD Wukirsari, Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Wukirsari, Bantul yang berjumlah 34 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal persentase rerata kemandirian belajar siswa mencapai 65% kategori baik dan 76% dari total keseluruhan siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran mind map yaitu peningkatan kemandirian belajar mencapai 59,8% pada siklus I menjadi 74,5% pada siklus II. Persentase siswa yang tuntas KKM juga mengalami peningkatan yaitu dari 32,4% pada siklus I, dan 85,3% pada siklus II. Kata kunci: kemandirian belajar, hasil belajar IPS, metode mind map