@phdthesis{UNY61316, month = {November}, title = {PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEBAHAGIAAN (HAPPINESS) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG}, author = {Eva Khanifa}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2018}, url = {http://eprints.uny.ac.id/61316/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kebahagiaan (happiness) secara parsial maupun simultan terhadap kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung yang berjumlah 459 peserta didik dengan sampel penelitian berjumlah 214 peserta didik yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Skala psikologi ini diujicobakan kepada 190 peserta didik. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan daya beda dihitung menggunakan koefisien korelasi aitem total terkoreksi. Reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach?s. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh parsial dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap kreativitas peserta didik dengan sumbangan sebesar 10,81\%; 2) kebahagiaan (happiness) berpengaruh signifikan terhadap kreativitas peserta didik dengan sumbangan sebesar 13,58\%; dan 3) lingkungan belajar dan kebahagiaan (happiness) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kreativitas peserta didik dengan sumbangan 24,4\%. Kata kunci: lingkungan belajar, kebahagiaan (happiness), kreativitas peserta didik} }