TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/61313/ ID - UNY61313 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran eksperimen pada siswa kelas III SD Negeri 01 Sekarsuli. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri 01 Sekarsuli, Banguntapan, Bantul yang berjumlah 16 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah nilai rata-rata kelas 75, prosentase ketuntasan 70% dan tingkat keaktifan siswa mencapai 70%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode eskperimen yang melibatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar, prosentase ketuntasan dan aktifitas siswa setelah menggunakan metode eksperimen yaitu 73 rata-rata kelas, 64,40% tingkat keaktifan siswa dan 62,50% prosentase ketuntasan pada siklus I. Lalu pada siklus II rata-rata kelas menjadi 77,50, tingkat keaktifan siswa menjadi 79,10% dan prosentase ketuntasan menjadi 68,75%. Kata kunci: Hasil belajar, metode pembelajaran eksperimen Y1 - 2018/11/19/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS III SD NEGERI 01 SEKARSULI A1 - Pamungkas, Herida Exsa Oki AV - restricted M1 - skripsi ER -