<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk\r\nMengukur Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI\r\npada Materi Hidrolisis Garam"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian\r\nterintegrasi yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis dan literasi kimia\r\npada materi hidrolisis garam dalam memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, dan\r\ntingkat kesukaran; (2) mengungkap hasil pengukuran kemampuan berpikir kritis\r\ndan literasi kimia peserta didik kelas XI di SMA Negeri di Bantul pada materi\r\nhidrolisis garam.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dengan langkah\r\n4-D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Desain\r\nuji coba produk dalam penelitian ini adalah penilaian peer reviewer, penilaian\r\nexpert judgment, uji coba instrumen, dan pengukuran kemampuan berpikir kritis\r\ndan literasi kimia. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 175 peserta didik,\r\nsedangkan pengukuran kemampuan berpikir kritis dan literasi kimia dilakukan\r\nterhadap 445 peserta didik. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan\r\nkuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis validasi butir soal,\r\nanalisis keterbacaan instrumen, uji asumsi dengan pemodelan Rasch, analisis hasil\r\nuji coba instrumen, dan analisis pengukuran instrumen terintegrasi.\r\nHasil penelitian ini adalah instrumen penilaian terintegrasi yang berjumlah\r\n20 soal pilihan ganda dan dilengkapi dengan kisi-kisi soal dan pedoman penilaian\r\nyang telah diujicoba kepada dua expert judgment dan empat praktisi yang\r\nmemiliki nilai V ≥ 0,92 dan dinyatakan fit dengan Partial Credit Model 1-\r\nParameter Logistic (PCM 1-PL). Reliabilitas instrumen diukur menggunakan\r\nnilai alpha cronbach sebesar 0,93. Instrumen tes reliabel pada kemampuan peserta\r\ndidik yang berada di antara -3,075 dan +2,876. Tingkat kesukaran butir instrumen\r\ntes terdiri atas 3 soal dengan kategori mudah, 11 soal dengan kategori sedang, 4\r\nsoal dengan kategori sulit, dan 2 soal dengan kategori sangat sulit. Kemampuan\r\nberpikir kritis dan literasi kimia peserta didik pada materi hidrolisis garam berada\r\npada kategori sedang.\r\nKata Kunci: berpikir kritis, hidrolisis garam, instrumen, literasi kimia, penilaian terintegrasi"^^ . "2018-10-28" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Nur"^^ . "Khayati"^^ . "Nur Khayati"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk\r\nMengukur Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI\r\npada Materi Hidrolisis Garam (Text)"^^ . . . "Full Tesis Nur Khayati.swf"^^ . . "HTML Summary of #61282 \n\nPengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk \nMengukur Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI \npada Materi Hidrolisis Garam\n\n" . "text/html" . . . "Kimia"@en . . . "Pasca Sarjana" . .