%0 Thesis %9 S1 %A Tulisnawati, Palupi %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2012 %F UNY:6127 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-GUGUS IV KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://eprints.uny.ac.id/6127/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kemampuan membaca dengan prestasi belajar PKn siswa kelas IV sekolah dasar se gugus IV Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2011/ 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se gugus IV kecamatan Turi tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 143 siswa yang berada di 5 sekolah. Pengambilan sampel berjumlah 100 siswa dilakukan dengan teknik William G Cochran. Variabel yang dikaji, yaitu: kemampuan membaca dan prestasi belajar PKn. Pengumpulan data diambil melalui metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data variabel prestasi belajar , sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel kemampuan membaca siswa. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis menggunakan analisis deskriptif dan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan membaca siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD N se gugus IV Kecamatan Turi. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga r hitung 0,375 > dari r tabel 0,195 dengan taraf signifikansi 5%. Kata kunci: Kemampuan membaca siswa, prestasi belajar PKn.