%0 Thesis %9 S2 %A Ayuningrum, Citra %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:61250 %I UNY %T Pengaruh Metode Sosiodrama dan Model Problem Based Learning terhadap Kerjasama Kelompok dan Motivasi Siswa pada Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas IV SD Negeri Sekecamatan Pakualaman %U http://eprints.uny.ac.id/61250/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh sosiodrama terhadap kerjasama kelompok dan motivasi belajar siswa; (2) pengaruh PBL terhadap kerjasama kelompok dan motivasi belajar siswa; (3) perbedaan kerjasama kelompok dan motivasi belajar siswa kelas IV yang menerapkan sosiodrama dan kelas yang menerapkan PBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan design non equivalent comparison group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sekecamatan Pakualaman yaitu SDN Margoyasan dan SDN Tukangan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi kerjasama kelompok dan skala motivasi belajar. Analisis data menggunakan analisis multivariat manova dan analisis univariat uji t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan kerjasama kelompok dan motivasi belajar siswa yang positif dan signifikan dari kelompok yang belajar dengan sosiodrama dan kelompok yang belajar dengan PBL di kelas IV SD Negeri Sekecamatan Pakualaman; (2) Sosiodrama memberikan pengaruh yang lebih baik daripada PBL pada aspek kerjasama kelompok; (3) PBL memberikan pengaruh yang lebih baik daripada sosiodrama pada aspek motivasi belajar siswa kelas IV SD. Kata kunci: Sosiodrama, Problem Based Learning, Kerjasama Kelompok, Motivasi Belajar