%0 Thesis %9 S1 %A Ayuningtyas, Rosma Titisari %B Fakultas Ilmu Pendidikan UNY %D 2018 %F UNY:61206 %I PAUD %T HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN ANAK TK KELOMPOK A GUGUS V MLATI DI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/61206/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pola asuh demokratis orangtua, tingkat perkembangan kemandirian anak, serta mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis orangtua dengan kemandirian anak TK Kelompok A Gugus V Mlati Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan subyek penelitian anak TK Kelompok A Gugus V Mlati yang terdiri dari tiga TK, yaitu TK Masyithoh, TK Pertiwi I dan TK Garuda III pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 60 anak dan 60 orangtua/walimurid dari anak tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi serta angket yang diberikan pada orangtua/walimurid. Teknik analisis yang digunakan adalah product moment. Hasil penelitian menunjukkan 59 orangtua menerapkan pola asuh demokratis sangat tinggi mencapai 98,33%. Hasil tingkat perkembangan kemandirian, 33 anak dikategorikan sangat baik dengan persentase mencapai 55%. Hubungan pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak menunjukkan angka 0.326 yang berarti terdapat hubungan yang positif di TK A Gugus V Mlati Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Di mana tingkat pola asuh demokratis dari orangtua sangat tinggi akan diikuti tingkat kemandirian anak yang sangat baik. Kata kunci: pola asuh demokratis, kemandirian, anak TK A