%0 Thesis %9 S1 %A Malayin, Annisa %A Nurhadi Santoso, %B PGSD Penjas %D 2018 %F UNY:61162 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K faktor kesulitan, futsal %T FAKTOR KESULITAN PEMBELAJARAN FUTSAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 2 DEPOK SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/61162/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor kesulitan pembelajaran futsal peserta didik kelas V SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019 yang berjumlah 72 peserta didik, dengan teknik sampling menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan pembelajaran futsal peserta didik kelas V SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019 berdasarkan faktor internal berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 9,72% (7 siswa), “rendah” sebesar 13,89% (10 siswa), “sedang” sebesar 43,06% (31 siswa), “tinggi” sebesar 29,17% (21 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 4,17% (3 siswa). (2) Kesulitan pembelajaran futsal peserta didik kelas V SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019 berdasarkan faktor eksternal berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 8,33% (6 siswa), “rendah” sebesar 22,22% (16 siswa), “sedang” sebesar 34,72% (25 siswa), “tinggi” sebesar 31,94% (23 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 2,78% (2 siswa).