@phdthesis{UNY61162, year = {2018}, title = {FAKTOR KESULITAN PEMBELAJARAN FUTSAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 2 DEPOK SLEMAN}, month = {November}, author = {Annisa Malayin}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/61162/}, keywords = {faktor kesulitan, futsal}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor kesulitan pembelajaran futsal peserta didik kelas V SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019 yang berjumlah 72 peserta didik, dengan teknik sampling menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan pembelajaran futsal peserta didik kelas V SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019 berdasarkan faktor internal berada pada kategori ?sangat rendah? sebesar 9,72\% (7 siswa), ?rendah? sebesar 13,89\% (10 siswa), ?sedang? sebesar 43,06\% (31 siswa), ?tinggi? sebesar 29,17\% (21 siswa), dan ?sangat tinggi? sebesar 4,17\% (3 siswa). (2) Kesulitan pembelajaran futsal peserta didik kelas V SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019 berdasarkan faktor eksternal berada pada kategori ?sangat rendah? sebesar 8,33\% (6 siswa), ?rendah? sebesar 22,22\% (16 siswa), ?sedang? sebesar 34,72\% (25 siswa), ?tinggi? sebesar 31,94\% (23 siswa), dan ?sangat tinggi? sebesar 2,78\% (2 siswa).} }