%L UNY61137 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi melalui media benda konkret pada anak kelompok B1 di SPS Anggrek. Kemampuan klasifikasi pada penelitian ini difokuskan pada kemampuan klasifikasi 1-2 atribut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari delapan anak perempuan dan dua anak laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan klasifikasi melalui media benda konkret. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan klasifikasi pada anak kelompok B1 meningkat melalui media benda konkret. Benda konkret yang digunakan dalam penelitian ini adalah benda asli yang bukan makhluk hidup. Dengan benda konkret tersebut kemampuan klasifikasi anak dapat meningkat. Hal ini dapat diketahui dari adanya peningkatan kemampuan klasifikasi anak dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Berikut uraian hasil peningkatan kemampuan klasifikasi pada anak kelompok B1, yaitu hasil pada pada pra tindakan persentase anak berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan sebesar 30%, pada siklus I persentase anak berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan sebesar 50%, dan pada siklus II persentase anak berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan sebesar 80%.Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa benda konkret memiliki pengaruh besar dalam pembelajaran klasifikasi pada anak kelompok B1 di SPS Anggrek. Kata Kunci: kemampuan klasifikasi, benda konkret, anak kelompok B1 %A Indrawati Betty %D 2018 %I PAUD %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI BENDA DENGAN MENGGUNAKAN BENDA KONKRET PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI SPS ANGGREK KERSAN