<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE \r\nHANDS-ON ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN \r\nPROSES SAINS DALAM PENGENALAN SAINS PADA \r\nANAK KELOMPOK BDI RA KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode hands-on activity terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di RA Krapyak Triharjo Sleman.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok B RA Krapyak Triharjo Sleman yang berjumlah 60 anak, dengan rincian 30 anak di Kelompok B1 dan 30 anak di Kelompok B2. Objek penelitian ini adalah keterampilan proses sains. Langkah-langkah pelaksanaan eksperimen yang dilakukan adalah pretest, treatment, dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes lisan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar observasi dan lembar tanya jawab. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode hands-on activity pada kelompok eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains anak Kelompok B di RA Krapyak Triharjo Sleman pada materi percobaan peristiwa siang dan malam maupun gunung meletus. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai Uji-t pada pretest-posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t-hitung sebesar 12,494 dengan nilai signifikansi 0,000 pada materi percobaan peristiwa siang dan malam juga nilai t-hitung sebesar 13,502 dengan nilai signifikansi 0,000 pada materi percobaan peristiwa gunung meletus. Nilai signifikansi menyatakan < 0,05 maka hipotesis diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil tes awal (pretest) dengan tes akhir (posttest) kelompok eksperimen materi percobaan peristiwa siang dan malam maupun gunung meletus. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan keterampilan proses sains anak pada kelompok eksperimen dalam pembelajarannya menggunakan metode hands-on activity. Sehingga penerapan metode hands-on activity mempengaruhi keterampilan proses sains anak Kelompok B di RA Krapyak.\r\n\r\nKata Kunci: metode pembelajaran hands-on activity, keterampilan proses sains, anak kelompok B."^^ . "2018-10-03" . . . "PAUD"^^ . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, PAUD"^^ . . . . . . . . . "Dwi Haryani"^^ . "Laila"^^ . "Dwi Haryani Laila"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE \r\nHANDS-ON ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN \r\nPROSES SAINS DALAM PENGENALAN SAINS PADA \r\nANAK KELOMPOK BDI RA KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN (Text)"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE \r\nHANDS-ON ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN \r\nPROSES SAINS DALAM PENGENALAN SAINS PADA \r\nANAK KELOMPOK BDI RA KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE \r\nHANDS-ON ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN \r\nPROSES SAINS DALAM PENGENALAN SAINS PADA \r\nANAK KELOMPOK BDI RA KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE \r\nHANDS-ON ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN \r\nPROSES SAINS DALAM PENGENALAN SAINS PADA \r\nANAK KELOMPOK BDI RA KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE \r\nHANDS-ON ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN \r\nPROSES SAINS DALAM PENGENALAN SAINS PADA \r\nANAK KELOMPOK BDI RA KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN METODE \r\nHANDS-ON ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN \r\nPROSES SAINS DALAM PENGENALAN SAINS PADA \r\nANAK KELOMPOK BDI RA KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #61136 \n\nPENGARUH PENGGUNAAN METODE \nHANDS-ON ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN \nPROSES SAINS DALAM PENGENALAN SAINS PADA \nANAK KELOMPOK BDI RA KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru PAUD" . .