eprintid: 61129 rev_number: 11 eprint_status: archive dir: disk0/00/06/11/29 datestamp: 2018-11-07 01:27:10 lastmod: 2019-05-08 03:28:25 status_changed: 2018-11-07 01:27:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Santria, Ummi title: Efektivitas Model Project-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Kemampuan Interpersonal Siswa Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII ispublished: pub subjects: F4 subjects: pasca_sarjana divisions: pps_math full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dan perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan model project-based learning dan problem-based learning ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan interpersonal siswa pada materi statistika dan peluang kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jetis yang terdiri atas tujuh kelas. Sampel pada penelitian ini ditentukan secara acak, sehingga diperoleh kelas VIII A dan kelas VIII B. Kelas VIII A perlakuan berupa model project-based learning dan kelas VIII B perlakuan berupa model problem-based learning. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes prestasi belajar statistika dan peluang, tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kemampuan interpesonal siswa. Pengujian keefektifan model project-based learning dan problem-based learning pada masing-masing variabel digunakan one sample t-test. Kemudian, pengujian perbedaan keefektifan antara model project-based learning dan model problembased learning dilakukan dengan uji multivariat (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran matematika dengan project-based learning dan problem-based learning efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan interpersonal siswa, (2) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model projectbased learning dan problem-based learning ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan interpersonal siswa. Kata Kunci: project-based learning, problem-based learning, prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, kemampuan interpersonal siswa date: 2018-09-28 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Santria, Ummi (2018) Efektivitas Model Project-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Kemampuan Interpersonal Siswa Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/61129/1/TESIS%20UMMI%20SANTRIA%20YUDISIUM.swf