%T PENGEMBANGAN DAN ANALISIS SISTEM INFORMASI PENGELOLA TUGAS BERBASIS WEB DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL %I Fakultas Teknik %D 2018 %L UNY61108 %K pengelolaan tugas, sistem informasi, standar ISO 25010 %A Dimas Yanu Rahmawan %X Nilai kejujuran pada siswa sangat penting untuk diperhatikan demi meningkatkan kemajuan pendidikan Nasional. Pengumpulan tugas dalam proses pembelajaran yang dilakukan di kelas RPL SMK Muhammadiyah 1 Bantul masih menggunakan folder share atau flashdisk yang mana memberikan peluang siswa untuk dapat melihat atau mengubah pekerjaan temannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) menghasilkan sistem yang dapat membatasi akses siswa terhadap tugas teman sekelasnya, dan (2) sekaligus menjamin kualitas sistem yang dikembangkan menggunakan standar ISO 25010 yang meliputi lima aspek, yaitu functional suitability, usability, performance efficiency, reliability, dan maintainability. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan waterfall oleh Somerville (2011). Model waterfall ini memiliki lima tahapan antara lain, requirements, design, implementation, verification, dan maintenance. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) sistem informasi pengelola tugas yang terdiri dari tiga jenis user, yaitu admin, guru, dan siswa. (2) sistem informasi pengelola tugas tersebut telah teruji dan lulus pengujian kualitas perangkat lunak sesuai dengan standar ISO 25010 yang terdiri dari lima aspek, antara lain functional suitability dengan hasil X=1 (sangat baik), usability dengan hasil skor 81,81 (baik) dan reliability instrument 0,916 (excellent) menurut interpretasi alpha cronbach, performance efficiency dengan hasil performance score 94%, accessability score 80%, dan load time 4,1 detik, aspek reliability dengan hasil 100%, dan maintainability yang telah memenuhi ketiga syarat pengujian maintainability menurut Rikard Land.