<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Media Pembelajaran\r\nMatematika Berbasis Edutainment dengan Model Problem Based Learning\r\nBerorientasi pada Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan produk berupa media\r\npembelajaran matematika berbasis edutainment dengan model problem based\r\nlearning pada materi statistika kelas VIII SMP berorientasi pada pemahaman\r\nkonsep dan minat belajar siswa. Media berupa game smartphone berjudul\r\nSTATIC. \r\nPengembangan media pembelajaran Game STATIC dilakukan berdasarkan\r\npada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu, analisis\r\n(analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi\r\n(implementation), dan evaluasi (evaluation). Tahap pertama mencakup analisis\r\nawal penelitian. Tahap kedua, perancangan awal media. Tahap ketiga, pembuatan\r\nmedia berdasarkan rancangan dan melakukan validasi serta uji coba. Tahap\r\nkeempat, melakukan uji coba kelompok besar untuk memperoleh data. Tahap\r\nkelima, evaluasi untuk menentukan kelayakan. Kualitas media yang\r\ndikembangkan mencakup aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Game STATIC\r\nmemenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil penilaian validasi dari ahli\r\nmedia dan ahli materi menyatakan bahwa media valid dan layak digunakan untuk\r\npembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan oleh guru dan\r\nsiswa, media dinyatakan praktis dengan skor sebesar 61 dan 53,27 dari skor\r\nmaksimum 70. Hasil efektivitas pada tes pemahaman konsep menunjukkan bahwa\r\n76% siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Selain itu hasil\r\nminat belajar siswa menunjukkan 82% siswa mencapai minat klasifikasi tinggi.\r\nOleh karena itu, media Game STATIC dinyatakan efektif digunakan untuk\r\npembelajaran matematika berorientasi pada pemahaman konsep dan minat belajar\r\nsiswa.\r\n \r\nKata Kunci: Media Pembelajaran, Edutainment, Game, Problem Based\r\nLearning, Pemahaman Konsep, Minat Belajar"^^ . "2018-09-28" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Nilza Humaira"^^ . "Salsabila"^^ . "Nilza Humaira Salsabila"^^ . . . . . . "Pengembangan Media Pembelajaran\r\nMatematika Berbasis Edutainment dengan Model Problem Based Learning\r\nBerorientasi pada Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP (Text)"^^ . . . "Thesis_Nilza Humaira Salsabila_16709251026-compressed.swf"^^ . . "HTML Summary of #61103 \n\nPengembangan Media Pembelajaran \nMatematika Berbasis Edutainment dengan Model Problem Based Learning \nBerorientasi pada Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Pasca Sarjana" . .