%0 Thesis %9 S2 %A Kumayang, Juwifa Dewi Hayu Elok %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:61098 %I UNY %T Manajemen Pembelajaran Bahasa Jerman di SMA Negeri 3 Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/61098/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui manajemen pembelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 3 Yogyakarta, dan (2) menganalisis kendala dan solusi dalam manajemen pembelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah, dan peserta didik. Informan dalam penelitian ini adalah guru, waka kurikulum, dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan mulai bulanMaret sampai bulan Mei 2018. Sumber data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif dengan metode Miles Huberman,Saldana. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa:(1) manajemen pembelajaran bahasa Jerman terdiri dari empat fungsi yaitu: fungsi perencanaan dalam pembelajaran bahasa Jerman meliputi melakukan seleksi peserta didik, pembagian kelas dan membuat program kerja, fungsi pengorganisasian dalam pembelajaran di SMA Negeri 3 Yogyakarta yaitu mendesain pembelajaran menggunakan metode, media dan pendekatan yang sesuai dengan materi pelajaran, fungsi pengarahan meliputi implementasi kurikulum, pengarahan dalam proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, fungsi pengawasan yang dilihat dari hasil belajar peserta didik,(2) hambatan-hambatan yang dihadapi yaitu buku pelajaran yang sulit diperoleh, kurangnya minat dan motivasi peserta didik, dan kegiatan peserta didik yang padat. Solusi yang diberikan yaitu memperbolehkan peserta didik meminjam buku dari kakak kelas, memfotokopi buku pelajaran, menerapkan metode pembelajaran yang bermacam-macam, pembelajaran yang serius tapi tidak terlalu memberatkan peserta didik Kata Kunci: Manajemen, pembelajaran bahasa Jerman, perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pengarahan pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran.