%L UNY61069 %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah dan (2) menjelaskan kendala dan solusi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka kurikulum, ustadz dan ustadzah mata pelajaran sejarah, santri yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan interaktive model menurut Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah metode dan strategi pendidikan karakter yang digunakan yaitu strategi keteladanan, strategi pembiasaan, strategi peer lesson dan strategi ceramah. Nilai karakter yang ditanamkan pembelajaran sejarah yang paling ditekankan adalah nasionalisme adapun nilai lainnya religius, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, jujur, kepemimpinan dan tanggung jawab (2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMA Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta yaitu, karakter atau kemampuan santri yang berbeda-beda, belum maksimal kemampuan ustadz dan ustadzah dalam mengembangkan strategi pembelajaran, kelabilan sikap santri. Solusi untuk menghadapi kendala dalam penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMA Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta yaitu, adanya ujian masuk pada saat penerimaan santri baru, memberikan kajian yang berisi himbauan tentang penerapan pendidikan karakter pengarahan tentang nilai karakter. Adanya pembinaan terhadap santri dan pengunaan metode lain untuk penerapan nilai karakter. Kata kunci : pendidikan karakter, Boarding School, pembelajaran sejarah %A Tifanindya Ekaputri %I FIS %D 2018 %T Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta