<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Media Storigami untuk\r\nMeningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar"^^ . "Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan\r\nkondisi penggunaan media pembelajaran membaca dan menulis permulaan di\r\nsekolah dasar; (2) menghasilkan media Storigami untuk pembelajaran membaca\r\ndan menulis permulaan; (3) mengetahui kelayakan media Storigami untuk\r\npembelajaran membaca dan menulis permulaan; (4) mengetahui keefektifan media\r\nStorigami untuk pembelajaran membaca dan menulis permulaan. \r\nJenis penelitian dan pengembangan ini mengacu pada sepuluh langkah\r\npengembangan Borg & Gall (1983). Subjek uji coba lapangan awal adalah 12 siswa\r\nkelas IA SD Kalasan. Subjek uji coba lapangan utama adalah 21 siswa kelas IB SD\r\nKalasan. Subjek uji coba lapangan operasional kelas eksperimen adalah 27 siswa\r\nkelas I SD Balangan 1 dan 22 siswa kelas IA SD Triharjo. Subjek uji coba lapangan\r\noperasional kelas control adalah 30 siswa kelas IB SD Triharjo. Teknik\r\npengumpulan data menggunakan skala penilaian media Storigami bagi ahli media\r\ndan ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, soal tes keterampilan\r\nmembaca dan soal tes menulis permulaan. Teknik analisis data menggunakan\r\nIndependen Sample t-test (uji t) dan Paired Sample t-test dengan taraf signifikansi\r\n0,05. \r\nHasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa penggunaan media\r\nmembaca dan menulis permulaan oleh guru masih terbatas. Media Storigami yang\r\ndikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk pembelajaran membaca dan\r\nmenulis permulaan siswa kelas I SD. Kelayakan dilihat berdasarkan: (1) hasil\r\npenilaian ahli materi pembelajaran sebesar 4,94 (sangat baik) dan ahli media\r\npembelajaran sebesar 4,96 (sangat baik); (2) angket respon siswa sebesar 198\r\n(sangat baik) dan angket respon guru sebesar 3,75 (sangat baik). Keefektifan media\r\nStorigami yang dikembangkan untuk pembelajaran membaca dan menulis\r\npermulaan mencapai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000 pada uji t, sedangkan\r\npada paired sample t-test nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000.\r\nBerdasarkan hasil tersebut, media Storigami dinyatakan dapat digunakan untuk\r\npembelajaran membaca dan menulis permulaan siswa kelas I SD. \r\n\r\nKata kunci: media Storigami, keterampilan membaca, menulis permulaan, siswa\r\nsekolah dasar"^^ . "2018-09-28" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Briliyan Syarifudin"^^ . "Ahmad"^^ . "Briliyan Syarifudin Ahmad"^^ . . . . . . "Pengembangan Media Storigami untuk\r\nMeningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar (Text)"^^ . . . "Pengembangan Media Storigami untuk\r\nMeningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Media Storigami untuk\r\nMeningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Media Storigami untuk\r\nMeningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Media Storigami untuk\r\nMeningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Media Storigami untuk\r\nMeningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #61042 \n\nPengembangan Media Storigami untuk \nMeningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . . . "Pasca Sarjana" . .