@phdthesis{UNY61010, title = {IDENTIFIKASI PERILAKU AGRESIF ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU KELAS V SD PADA PEMBELAJARAN DALAM KELAS DI SEKOLAH LUAR BIASA PRAYUWANA YOGYAKARTA}, author = {Rahayu Wibisono Kunthi}, month = {May}, year = {2018}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/61010/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan karena adanya fenomena perilaku agresif dengan gangguan emosi dan perilaku pada anak kelas V Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta. Oleh karena itu. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk perilaku agresif anak dengan gangguan emosi dan perilaku. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah anak dengan gangguan emosi dan perilaku kelas V Sekolah Dasar berjumlah 1 anak, dilaksanakan pada semester ganjil bulan Oktober 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan panduan wawancara dan observasi. Observasi difokuskan pada saat proses perilaku di dalam kelas dengan mengidentifikasi pencetus, bentuk perilaku, dan dampak perilaku agresif. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang dimaksud adalah triangulasi antar metode pengumpulan data, antar waktu terjadinya perilaku dan antar perilaku yang ditunjukkan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk perilaku agresif yang sering dilakukan anak adalah perilaku agresif verbal yaitu berkata kotor, ujaran ejekan, mengancam, menghasut, dan berbohong. Sedangkan perilaku agresif nonverbal/fisik antara lain menendang, memukul, mendorong, dan menjambak. Pencetus terjadinya perilaku agresif karena adanya model dan pengaruh dari lingkungan subjek. Perilaku yang ditunjukkan adalah perilaku agresif verbal dan nonverbal/fisik. Dampak dari perilaku yang terjadi adalah mendapatkan perhatian dan juga kepuasan pribadi karena telah menyakiti orang lain.} }