%0 Thesis %9 S1 %A Kartika, Wahyu Slamet Kuncoro %B Pendidikan Luar Biasa %D 2018 %F UNY:60999 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU KELAS 1 SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/60999/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran berbasis power point interaktif terhadap prestasi belajar matematika Siswa Tunarungu kelas 1 SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A’ yaitu baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Subjek penelitian ini adalah Siswa Tunarungu kelas 1 SLB Wiyata Dharma 1 Sleman berjumlah 5 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis power point interaktif berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika Siswa Tunarungu kelas 1 SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Hal ini ditunjukkan dari ketercapaian prestasi belajar siswa Tunarungu pada pembelajaran matematika mengalami peningkatan dari fase baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Fase baseline 1 dilakukan sebanyak 3 kali sesi, fase intervensi dilakukan sebanyak 3 kali sesi dan fase baseline 2 dilakukan sebanyak 2 kali sesi. Meskipun peningkatan skor tidak terjadi secara signifikan, namun dapat dilihat bahwa grafik dari fase baseline 1 sampai pada fase baseline 2 menunjukkan peningkatan ke arah positif dengan jumlah skor yang lebih baik. Tingkat perubahan pada fase baseline 1 sebesar + 2,67 yaitu dari 44,00 menjadi 46,67. Jejak data pada fase baseline 1 hasilnya meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan data pada satu sesi ke sesi selanjutnya sehingga menghasilkan grafik yang meningkat (ke arah positif). Tahap baseline 1 memiliki rentang dari 44,00 menjadi 46,67 yang merupakan jarak dari data poin pertama (44,00) dengan data poin terakhir (46,67).