%A Alfin Shidiq Hasby %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran keterampilan vokasional bagi tunadaksa yang dilaksanakan di pondok pesantren Madania, Banguntapan, Bantul yang dirinci dalam: (1) proses pembelajaran, (2) metode yang digunakan dalam proses pembelajaran, dan (3) hasil dari pembelajaran yang telah dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah penanggung jawab unit usaha dan santri tunadaksa di pondok pesantren Madania, Banguntapan, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu panduan observasi, pedoman wawancara dan analisis dokumen. Analisa data dilakukan dengan analisis data deskriptif kualitatif.. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pembelajaran disesuaikan dengan divisi dan unit usaha masing-masing, komponen pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, peserta didik, tenaga pendidik dan materi pembelajaran,, langkah pembelajaran meliputi asesmen, orientasi, demonstrasi, latihan terstruktur, latihan terbimbing, latihan mandiri, materi pembelajaran disesuaikan dengan divisi unit usaha, hambatan pembelajaran berupa kurangnya motivasi dan kodisi fisik yang bervariasi yang diatasi dengan memberikan dukungan moral dan melakukan asesmen; (2) metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran langsung (direct instruction), dipilih karena kesesuaian materi dan tujuan pembelajaran dengan metode pembelajaran dan fleksibilitas ruang lingkup pembelajaran, implikasi metode terdapat dalam tujuan, langkah dan materi pembelajaran; (3) produk hasil pembelajaran adalah air minum kemasan dan puzzle. %L UNY60993 %T PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL BAGI TUNADAKSA DI PONDOK PESANTREN MADANIA, BANGUNTAPAN, BANTUL. %D 2018 %I Universitas Negeri Yogyakarta