<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN OTOMOTIF\r\nPELUMASAN RANTAI MELALUI METODE LATIHAN PADA\r\nSISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS X\r\nDI SLB NEGERI 1 SLEMAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan otomotif\r\npelumasan rantai melalui metode latihan pada siswa tunagrahita kategori sedang\r\nkelas X di SLB N 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas\r\ndengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan\r\nyaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.\r\nPenelitian ini dilakukan dalam dua siklus masing-masing tiga kali\r\npertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa tunagrahita kategori sedang kelas X\r\nberjumlah 2 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini\r\nadalah metode tes dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini\r\nadalah analisis deskriptif kuantitaf dan deskripstif kualitattif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan dapat\r\nmeningkatkan keterampilan otomotif pelumasan rantai pada siswa tunagrhaita\r\nkategori sedang kelas X di SLB Negeri 1 Sleman. Peningkatan tersebut dapat\r\ndiketahui dari hasil tes unjuk kerja yang telah dilakukan. Adapun proses\r\npembelajarannya sebagai berikut: 1) menyiapkan berbagai peralatan dan\r\nperlengkapan yang digunakan dalam melumasi rantai, 2) guru memperagakan\r\nlangkah-langkah melumasi rantai, 3) siswa menirukan langkah-langkah melumasi\r\nrantai yang telah dicontohkan guru, 4) siswa melakukan latihan langkah-langkah\r\nmelumasi rantai secara mandiri, 5) guru melakukan evaluasi terhadap proses dan\r\nhasil pelumasan rantai siswa. Peningkatan keterampilan otomotif pelumasan rantai\r\npada siswa tunagrahita kategori sedang dapat dilihat dari hasil tes pada siklus I yaitu\r\nsubjek DS dari nilai pra tindakan 57,14 meningkat menjadi 85,71 pada pasca\r\ntindakan siklus II. Subjek RW dari nilai pra tindakan 67,86 meningkat menjadi\r\n92,86 pasca tindakan siklus II. Kesimpulan akhir adalah kedua subjek telah\r\nmencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 77. Oleh\r\nkarena itu, metode latihan ini dapat meningkatkan keterampilan otomotif\r\npelumasan rantai pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas X."^^ . "2018-02-10" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Yovitasari"^^ . "Annisa"^^ . "Yovitasari Annisa"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN OTOMOTIF\r\nPELUMASAN RANTAI MELALUI METODE LATIHAN PADA\r\nSISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS X\r\nDI SLB NEGERI 1 SLEMAN (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN OTOMOTIF\r\nPELUMASAN RANTAI MELALUI METODE LATIHAN PADA\r\nSISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS X\r\nDI SLB NEGERI 1 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN OTOMOTIF\r\nPELUMASAN RANTAI MELALUI METODE LATIHAN PADA\r\nSISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS X\r\nDI SLB NEGERI 1 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN OTOMOTIF\r\nPELUMASAN RANTAI MELALUI METODE LATIHAN PADA\r\nSISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS X\r\nDI SLB NEGERI 1 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN OTOMOTIF\r\nPELUMASAN RANTAI MELALUI METODE LATIHAN PADA\r\nSISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS X\r\nDI SLB NEGERI 1 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN OTOMOTIF\r\nPELUMASAN RANTAI MELALUI METODE LATIHAN PADA\r\nSISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS X\r\nDI SLB NEGERI 1 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #60984 \n\nPENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN OTOMOTIF \nPELUMASAN RANTAI MELALUI METODE LATIHAN PADA \nSISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS X \nDI SLB NEGERI 1 SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .