@phdthesis{UNY60964, school = {UNY}, year = {2018}, month = {August}, title = {Mutu Pendidikan di SDIT Ar-Raihan Bantul}, author = {Anjar Tri Faida}, url = {http://eprints.uny.ac.id/60964/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mutu pendidikan di SDIT Ar-Raihan Bantul berdasarkan lima pilar manajemen mutu terpadu pendidikan yang meliputi: (1) lulusan, (2) proses pembelajaran, (3) pengelolaan organisasi, (4) kepemimpinan kepala sekolah, dan (5) komitmen mutu, serta faktor-faktor yang mempengaruhi mutu di SDIT Ar-Raihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan panduan analisis isi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Mutu lulusan SDIT Ar-Raihan secara akademik sudah sesuai dengan spesifikasi lulusan yang telah ditetapkan sekolah. (2) Mutu proses pembelajaran di SDIT Ar-Raihan sudah baik yaitu sudah memenuhi standar proses pembelajaran yang ditetapkan oleh Sisdiknas. (3) Pengelolaan organisasi di SDIT Ar-Raihan Bantul meliputi: memiliki struktur organisasi yang sederhana, ramping, dibangun dalam kerja tim yang kuat, menerapkan organisasi terbalik, organisasi sejajar dengan lingkungannya. (4) Kepemimpinan kepala sekolah Ar-Raihan meliputi: mengkomunikasikan visi dan nilai-nilai sekolah kepada pelanggan internal dan eksternal, gaya kepemimpinan partisipatif dan transformasional, memiliki fokus utama kepada siswa, melakukan inovasi di antara staf, menciptakan kekeluargaan di antara warga sekolah, dan memberdayakan guru. (5) Komitmen mutu di SDIT Ar-Raihan meliputi upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya mutu. (6) ) Faktor pendukung peningkatan mutu di SDIT Ar-Raihan meliputi: kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru mengajar, sarana-prasarana, dan pengelolaan organisasi. Faktor penghambat peningkatan mutu di SDIT Ar-Raihan meliputi: kualitas input (siswa) dan kedispilinan guru masih rendah. Kata kunci: mutu, manajemen mutu terpadu (total quality management)} }