<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Multimedia Learning Module (MLM)\r\nBerbasis Kearifan Lokal (Rorodaan) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi\r\nDiagram dan Verbal Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika SMA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia learning\r\nmodule (MLM) berbasis kearifan lokal rorodaan yang layak digunakan untuk\r\npembelajaran fisika, dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan MLM berbasis\r\nkearifan lokal rorodaan dalam meningkatkan kemampuan representasi diagram dan\r\nverbal peserta didik. Materi fisika yang digunakan pada rorodaan mengacu pada\r\ndinamika gerak yaitu hukum Newton. \r\nMetode penelitian ini berdasarkan pada model pengembangan ADDIED yaitu\r\nanalysis (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implementation\r\n(implementasi), evaluation (evaluasi), dan disseminate (penyebaran). Subjek\r\npenelitian ini adalah 26 peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Yogyakarta tahun ajaran\r\n2017/2018 untuk uji coba terbatas, 305 peserta didik kelas XI IPA dari beberapa\r\nSMAN Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 untuk uji empiris, dan 88 peserta didik\r\nkelas X IPA SMAN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 untuk uji coba lapangan.\r\nInstrumen penelitian terdiri dari instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes\r\nkemampuan representasi diagram dan verbal peserta didik. Instrumen non tes berupa\r\nangket penilaian kelayakan produk, angket telaah instrumen tes dan angket respons\r\npeserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kelayakan produk\r\nmenggunakan skala baku, sedangkan kevalidan instrumen soal dengan Aiken V dan\r\nanalisis butir pada partial credit model (PCM) menurut teori respons butir (IRT).\r\nTeknik analisis uji efektivitas produk dalam meningkatkan kemampuan representasi\r\ndiagram dan verbal peserta didik menggunakan generalized linear model (GLM)\r\ndengan taraf signifikansi 0,05. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk MLM berbasis kearifan\r\nlokal rorodaan yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika\r\nberdasarkan pada penilaian materi dan media menurut ahli, praktisi dan teman\r\nsejawat dengan kategori sangat baik, butir instrumen tes memenuhi kriteria valid\r\nmenurut ahli, praktisi, teman sejawat, dan reliabel sesuai teori respons butir pada\r\npartial credit model, dan (2) produk MLM berbasis kearifan lokal rorodaan efektif\r\ndigunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi diagram dan verbal peserta\r\ndidik dengan nilai partial eta square (sumbangan efektif) sebesar 79% dan 64% yang\r\nlebih besar daripada menggunakan modul cetak rorodaan dan modul cetak yang\r\nbiasa digunakan guru.\r\n\r\nKata Kunci: multimedia learning module, kearifan lokal (rorodaan), kemampuan\r\nrepresentasi diagram, kemampuan representasi verbal."^^ . "2018-09-28" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Johan"^^ . "Pamungkas"^^ . "Johan Pamungkas"^^ . . . . . . "Pengembangan Multimedia Learning Module (MLM)\r\nBerbasis Kearifan Lokal (Rorodaan) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi\r\nDiagram dan Verbal Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika SMA (Text)"^^ . . . "16726251005_Johan Pamungkas_Tesis.swf"^^ . . "HTML Summary of #60957 \n\nPengembangan Multimedia Learning Module (MLM) \nBerbasis Kearifan Lokal (Rorodaan) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi \nDiagram dan Verbal Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika SMA\n\n" . "text/html" . . . "Fisika"@en . . . "Pasca Sarjana" . .