%A Prabowo Hadi Saputro %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pendidikan karakter pencak silat berbasis 5 T yang dapat digunakan oleh atlet atau pelatih pencak silat. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Langkah langkah penelitian ini mengadaptasi dari langkah-langkah sugiono yang diadaptasi menjadi 10 langkah. Uji coba kelompok kecil dilakukan terhadap 8 pelatih, sedangkan uji coba kelompok besar dilakukan terhadap 24 pelatih dan uji efektifitas dengan 35 pesilat. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket skala penilaian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan karakter pencak silat berbasis 5T yang dikembangkan layak digunakan sebagai penanaman pendidikan karakter. Hal ini ditujukan dari beberapa penilaian yang telah dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan uji coba kelompok. Hasil akhir penilaian produk oleh ahli materi menunjukkan bahwa model yang dikembangkan tersebut dinyatakan “layak” dengan presentase 86%, penilaian ahli media menunjukkan“layak” dengan presentase 77%, dan penilaian ahli bahasa menunjukan “layak” dengan presentase 90%. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan model tersebut “layak” dengan presentase 94%, dan hasil uji coba kelompok besar menunjukkan model tersebut “layak” dengan presentase 85%. Hasil uji efektefitas menggunakan uji T sebesar 19,556>t tabel 2.032, dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Sehingga produk buku efektif digunakan untuk atlet atau pelatih pencak silat. Kata Kunci : Pendidikan karakter, Pencak Silat, 5T %L UNY60951 %T Pengembangan Model Pendidikan Karakter Pencak Silat Berbasis 5 T %D 2018 %I UNY