@phdthesis{UNY60948,
           month = {September},
            year = {2018},
          author = {Retno Setyowahyudi},
          school = {UNY},
           title = {Pengaruh Permainan Luar Ruangan  (Outdoor 
Play) terhadap Kemampuan Berhitung, Pengukuran dan Mengenal Bentuk-Bentuk 
Geometri Anak Kelompok A di KB dan TK Islam Rahmatullah Kabupaten 
Banyuwangi},
        abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan 
penggunaan permainan luar ruangan dan pembelajaran konvensional terhadap (1) 
kemampuan berhitung anak kelompok A, (2) pengukuran anak kelompok A, (3) 
mengenal bentuk-bentuk geometri anak kelompok A.  
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen 
dengan desain quasi experimental dan jenis nonequivalent control group. Populasi 
yang digunakan yaitu seluruh anak kelompok A yang terbagi dalam 5 kelas. 
Sementara sampel diambil dengan teknik cluster sampling dan diperoleh sampel 
sebanyak 4 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan 
dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa kartu bergambar. Teknik analisis 
data terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis, untuk uji prasyarat terdapat uji 
normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Sementara uji hipotesis 
menggunakan analysis covariance dengan taraf signifikan sebesar 5\%.  
Hasil yang didapat adalah (1) terdapat pengaruh dan perbedaan penggunaan 
permainan luar ruangan dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan 
berhitung pada anak kelompok A, (2) terdapat pengaruh dan perbedaan 
penggunaan permainan luar ruangan dan pembelajaran konvensional terhadap 
pengukuran pada anak kelompok A, (3) terdapat pengaruh dan perbedaan 
penggunaan permainan luar ruangan dan pembelajaran konvensional terhadap 
mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak kelompok A.},
        keywords = {permainan luar ruangan, kemampuan  berhitung, pengukuran dan 
mengenal bentuk-bentuk geometri.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/60948/}
}