TY - THES A1 - Nasution, Rahma Afdhilla PB - UNY TI - Pengembangan Instrumen Aspek Afektif Berbasis Kinerja dalam Extrakurikuler Renang di Sekolah Dasar Kelas Atas. AV - restricted Y1 - 2018/09/28/ KW - instrument aspek afektif KW - berbasis kinerja KW - ekstrakurikuler renang ID - UNY60946 UR - http://eprints.uny.ac.id/60946/ M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) merumuskan konstruk afektif nilai-nilai sosial dalam ekstrakurikuler renang siswa SD; 2) menyusun indikator instrument aspek afektif berbasis kinerja dalam ekstrakurikuler renang siswa SD; 3) mengembangkan model instrument aspek afektif berbasis kinerja dalam ekstrakurikuler renang siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen aspek afektif berbasis kinerja pada siswa SD kelas atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan model pengembangan dari Thiagarajan yang dikenal dengan 4 D yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Tahap pengembangan dan evaluasi berupa uji validasi ahli, uji skala kecil, uji skala besar dan uji efektivitas. Subjek penelitian adalah siswa SD di Kota Yogyakarta yang mengikuti kegiatan extrakurikuler di SD Muhammadiyah Sagan, SD Muhammadiyah Pakel, SD Kanisius dan SD Pangudi Luhur. Pengamatan, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang percontohan uji skala kecil dan uji coba skala besar. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengembangan model instrument aspek afektif terdiri dari beberapa tahap yaitu pendefinisian, studi lapangan dan studi literatur. Tahap perancangan produk dilakukan dengan penyusunan rancangan produk awal yang dilanjutkan dengan merancangan produk instrument penilaian afektif. Selanjutnya dilakukan pengujian produk awal melalui expert judgement. Hasil penelitian ini adalah berupa rubrik, tugas unjuk kerja selama kegiatan ekstrakurikuler satu semester dan buku pedoman penilaian aspek afektif berbasis kinerja dalam ekstrakurikuler renang di sekolah dasar kelas atas. Berdasarkan uji coba instrumen dilakukan melalui uji skala kecil, uji skala besar dan uji efektivitas didapatkan nilai t hitung sebesar 3,236 dan nilai signifikansi sebesar 0,010, artinya. hasil akhir pengembangkan produk instrument penilaian afektif berbasis kinerja dalam esktrakurikuler renang di SD dinyatakan telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas serta efektivias sehingga dinyatakan layak untuk digunakan sebagai instrumen penilaian. ER -