<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Instrumen Aspek Afektif Berbasis Kinerja \r\ndalam Extrakurikuler Renang di Sekolah Dasar Kelas Atas."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: 1) merumuskan konstruk afektif nilai-nilai sosial \r\ndalam ekstrakurikuler renang siswa SD; 2) menyusun indikator instrument aspek afektif \r\nberbasis kinerja dalam ekstrakurikuler renang siswa SD; 3) mengembangkan model \r\ninstrument aspek afektif berbasis kinerja dalam ekstrakurikuler renang siswa SD. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen aspek afektif berbasis \r\nkinerja pada siswa SD kelas atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan model \r\npengembangan dari Thiagarajan yang dikenal dengan 4 D yaitu Define, Design, \r\nDevelopment, dan Dissemination. \r\nTahap pengembangan dan evaluasi berupa uji validasi ahli, uji skala kecil, uji skala \r\nbesar dan uji efektivitas. Subjek penelitian adalah siswa SD di Kota Yogyakarta yang \r\nmengikuti kegiatan extrakurikuler di SD Muhammadiyah Sagan, SD Muhammadiyah \r\nPakel, SD Kanisius dan SD Pangudi Luhur. Pengamatan, wawancara dan dokumentasi \r\ndigunakan untuk mengumpulkan data tentang percontohan uji skala kecil dan uji coba \r\nskala besar. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, \r\npenyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengembangan model instrument aspek afektif \r\nterdiri dari beberapa tahap yaitu pendefinisian, studi lapangan dan studi literatur. Tahap \r\nperancangan produk dilakukan dengan penyusunan rancangan produk awal yang \r\ndilanjutkan dengan merancangan produk instrument penilaian afektif. Selanjutnya \r\ndilakukan pengujian produk awal melalui expert judgement. \r\n Hasil penelitian ini adalah berupa rubrik, tugas unjuk kerja selama kegiatan \r\nekstrakurikuler satu semester dan buku pedoman penilaian aspek afektif berbasis kinerja \r\ndalam ekstrakurikuler renang di sekolah dasar kelas atas. Berdasarkan uji coba instrumen \r\ndilakukan melalui uji skala kecil, uji skala besar dan uji efektivitas didapatkan nilai t \r\nhitung sebesar 3,236 dan nilai signifikansi sebesar 0,010, artinya. hasil akhir \r\npengembangkan produk instrument penilaian afektif berbasis kinerja dalam \r\nesktrakurikuler renang di SD dinyatakan telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas \r\nserta efektivias sehingga dinyatakan layak untuk digunakan sebagai instrumen penilaian."^^ . "2018-09-28" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Rahma Afdhilla"^^ . "Nasution"^^ . "Rahma Afdhilla Nasution"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Aspek Afektif Berbasis Kinerja \r\ndalam Extrakurikuler Renang di Sekolah Dasar Kelas Atas. (Text)"^^ . . . "Pengembangan Instrumen Aspek Afektif Berbasis Kinerja \r\ndalam Extrakurikuler Renang di Sekolah Dasar Kelas Atas. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Aspek Afektif Berbasis Kinerja \r\ndalam Extrakurikuler Renang di Sekolah Dasar Kelas Atas. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Aspek Afektif Berbasis Kinerja \r\ndalam Extrakurikuler Renang di Sekolah Dasar Kelas Atas. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Aspek Afektif Berbasis Kinerja \r\ndalam Extrakurikuler Renang di Sekolah Dasar Kelas Atas. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Aspek Afektif Berbasis Kinerja \r\ndalam Extrakurikuler Renang di Sekolah Dasar Kelas Atas. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #60946 \n\nPengembangan Instrumen Aspek Afektif Berbasis Kinerja \ndalam Extrakurikuler Renang di Sekolah Dasar Kelas Atas.\n\n" . "text/html" . . . "Olahraga" . .