eprintid: 60928 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/06/09/28 datestamp: 2018-10-30 03:30:51 lastmod: 2019-01-29 03:15:37 status_changed: 2018-10-30 03:30:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Asmorojati, Yanur title: PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TEMPEL ispublished: pub subjects: t_otomotif divisions: ft_jurdik_otomotif_pend_otomotif full_text_status: public keywords: pengaruh, jobsheet, hasil belajar, praktik dasar teknik otomotif abstract: Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) di jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman, 2) Mengetahui apakah ada pengaruh jobsheet untuk mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman. Metodologi penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Waktu pelaksanaan penelitian dimulai tanggal 1 agustus 2017 sampai dengan 28 agustus 2017 (1 bulan) yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman. Subjek penelitian adalah seluruh kelas X teknik kendaraan ringan sebanyak 39 siswa. Karena penelitian ini adalah penelitian populasi maka semua anggota populasi digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan independent sample t-test yang telah dilakukan, diperoleh hasil thitung sebesar 10,407 dan ttabel 1,687. Karena thitung>ttabel maka terdapat perbedaan hasil belajar praktik antara siswa yang menggunakan jobsheet dan tidak menggunakan jobsheet. Dari uji statistik dengan independent sample t-test yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan jobsheet (kelompok eksperimen) dibandingkan dengan yang tidak menggunakan jobsheet (kelompok kontrol) di SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman pada mata pelajaran Pendidikan Dasar Teknik Otomotif. Dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,5 dan rata-rata kelas kontrol 64,5. date: 2018-10-29 date_type: published institution: Fakultas Teknik department: Pendidikan Teknik Otomotif thesis_type: d3ta citation: Asmorojati, Yanur (2018) PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TEMPEL. D3 thesis, Fakultas Teknik. document_url: http://eprints.uny.ac.id/60928/1/a.%20Naskah%20TAS.pdf