@phdthesis{UNY60918, year = {2018}, school = {Fakultas Teknik}, title = {PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ALGORITMA PEMROGRAMAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA}, author = {Andi Ferry Rahman}, month = {October}, url = {http://eprints.uny.ac.id/60918/}, keywords = {multimedia pembelajaran, interaktif, algoritma pemrograman}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif algoritma pemrograman dasar untuk siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; (2) menguji tingkat kelayakan materi dan media pada multimedia pembelajaran interaktif algoritma pemrograman dasar untuk siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta menurut aspek subject matter, pedagogy, auxiliary information, affective consideration, interface, navigation, dan robustness. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah research \& development (R\&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Alessi \& Trollip dengan tiga tahap pengembangan yaitu tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pengujian dilakukan dengan uji alfa dan uji beta, pada uji alfa dilakukan penilaian oleh dua ahli materi dan dua ahli media untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. Uji beta dilakukan pada 30 siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif algoritma pemrograman dasar melalui tahap perencanaan, desain, dan pengembangan; (2) multimedia pembelajaran interaktif algoritma pemrograman dasar mendapat penilaian 83,70\% dari ahli materi, 85,43\% dari ahli media dan 86,07\% dari pengguna atau siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif algoritma pemrograman dasar sangat layak untuk digunakan oleh untuk siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan dalam proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.} }